HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.81.105.205
Pengunjung : 281.996






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017

Artikel :



Pembiasaan Peduli Lingkungan


Rabu; 07 March 2018 [ROBERTUS DONNY A, SD RA. KARTINI SURABAYA] - Artikel Umum

Peduli lingkungan bukanlah sikap yang serta merta muncul dalam diri seseorang. Sikap itu harus ditumbuhkan, dipupuk dan dibiasakan, supaya menjadi bagian dari karakter seseorang.Sikap tersebut perlu mulai ditanamkan sejak usia dini. Tentu saja kegiatannya disesuaikan dengan umur dan kemampuan yang bersangkutan.

Sekolah mempunyai peranan penting dalam membentuk kebiasaan peduli lingkungan. Di sekolah siswa tidak hanya diajar materi akademik saja, tapi juga perlu pembiasaan untuk menjadikan siswa peduli dengan lingkungan.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk membentuk kebiasaan peduli lingkungan adalah kerja bakti. Pada awal kegiatan ada dua tanggapan yang Nampak pada siswa. Ada siswa yang penuh semangat dalam bekerja bakti, ada sebagian siswa yang terlihat segan mengerjakan tugasnya. Tidak apa-apa, siswa yang di rumah tidak terbiasa mengerjakan / membantu membersihkan lingkungan memang terkadang canggung dalam bekerja bakti. Tapi apabila dilaksanakan secara rutin akan sangat membantu terbentuknya kebiasaan peduli lingkungan pada diri siswa tersebut.

Kerja bakti selain menumbuhkan sikap peduli, juga mengembangkan rasa memiliki, dan keinginan untuk merawat segala sesuatu di sekitar siswa. Siswa belajar dari contoh yang diberikan guru cara membersihkan dinding dari debu, membersihkan sampah, mengatur benda – benda di sekitar sekolah supaya tertata rapi.

Anak memang tidak bisa melakukan sendirian, apalagi untuk siswa kelas bawah ( kelas 1,2,3) mereka perlu bimbingan dan teladan dari guru dan kakak kelasnya.

Tugas membersihkan kaca jendela dengan lap basah misalnya, perlu dicontohkan oleh guru terlebih dulu.Guru menunjukkan bagaimana cara membasahi lap supaya tidak terlalu berair, kemudian bagaimana cara mengelap kaca jendela dengan benar, sehingga kaca menjadi bersih. Dengan melihat contoh siswa sadar bahwa membersihkan kaca jendela menggunakan lap basah lebih baik daripada menggunakan bulu-bulu.Debu akan menmpel pada lap basah. Bila menggunakan bulu-bulu, debu beterbangan dan dapat mengganggu pernapasan.Hal yang nampaknya sederhana tapi perlu dipahamkan juga pada siswa dengan mengalami langsung kegiatannya.Setelah memperhatikan contoh guru, siswa langsung mempraktikkan sendiri.

Bila menjaga dan merawat lingkungan sudah menjadi kebiasaan, maka di manapun berada diharapkan siswa akan selalu peduli dengan lingkungannya. Merawat dan menjaga lingkungan bukan lagi menjadi hal yang harus senantiasa diingatkan, tetapi akan menjadi suatu kebutuhan. (RRC)







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :