HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 75.101.173.236
Pengunjung : 568.566


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



Pelatihan Mitigasi Bencana untuk Siswa


Kamis; 25 October 2018 [ROBERTUS DONNY A, SD RA. KARTINI SURABAYA] - Artikel Umum

Beberapa waktu terakhir ini sering terjadi bencana di Indonesia. Berturut-turut mulai dari gempa di Lombok dan bencana di Palu Donggala yang cukup membuat hati miris. Banyaknya korban jiwa membuat kita semua merasa prihatin dan tak sadar meneteskan air mata, mengenang orang-orang terkasih yang mendahului kita menghadap sang Pencipta.

Dinas kota Surabaya tidak tinggal diam. Menyadari kondisi geografis kota Surabaya yang berada di atas 2 patahan, yang memungkinkan terjadinya pergerakan, maka dinas kota Surabaya mengadakan pelatihan mitigasi bencana yang diikuti oleh Kepala Sekolah, guru dan petugas keamanan sekolah.

Pelatihan ini bertujuan agar sekolah dan segenap komunitasnya mampu bertindak cepat bila terjadi bencana saat siswa berada di lingkungan sekolah. Pelatihan dilaksanakan pada Senin, 8 Oktober 2018 di SMP 21 Jambangan Surabaya.

Pelatihan dimulai pukul 10.00 sampai 13.00. Dalam pelatihan dijelaskan posisi kota Surabaya yang terletak di atas 2 sesar yang aktif bergerak. Pergerakan ini rawan menimbulkan gempa di wilayah Surabaya. Maka perlu pelatihan mitigasi bencana untuk masyarakat pada umunya dan siswa pada khususnya. Selain pelatihan apa saja yang perlu dlakukan guru pada saat terjadi gempa, juga dilatihkan bagaimana tindakan yang perlu diambil bila terjadi bencana kebakaran, mengingat akhir-akhir ini udara di Surabaya sangat panas.

Setiap sekolah wajib mengimbaskan hasil pelatihan kepada siswanya di sekolah. SD R.A. Kartini juga melaksanakan pelatihan mitigasi bencana pada setiap siswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada jam pembiasaan hari Jumat. Siswa dilatih untuk tetap tenang dan mengikuti instruksi guru sehingga tidak terjadi kekacauan. Siswa juga dilatih bagaimana mengevakuasi diri sendiri dengan tetap memperhatikan keselamatan orang lain. Intinya adalah bagaimana siswa tetap bisa tertib meskipun dalam situasi darurat.

Kegiatan ini memang tidak bisa sekali saja dilaksanakan, tetapi harus sering diulang sehingga menjadi suatu kebiasaan.Apabila suatu saat terjadi situasi darurat siswa sudah terbiasa untuk tetap tenang dan menunggu komando dari guru sebagai leader dalam tindakan penyelamatan. Guru harus juga memastikan bahwa seluruh siswanya tidak tertinggal di kelas ketika evakuasi ke titik kumpul.

Pelatihan memang perlu, namun jauh lebih perlu lagi adalah senantiasa berdoa mohon perlindungan dari yang Maha Kuasa. Surabaya yang rawan terjadi bencana semoga selalu dilindungi Tuhan dan terhindar dari segala bencana. (RRC)









Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :