HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.207.255.49
Pengunjung : 487.019


Newsflash :
PROFICIAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT ATAS TERSELENGGARANYA KONFERENSI NASIONAL GURU SMP, SMA, SMK PENGAMPU UJUAN NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI TDC 2 SURABAYA, 26-28 NOVEMBER 2019             |                         |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU, MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA.             |                         |             PROFICIAT KEPADA TARAKANITA WILAYAH TANGERANG YANG TELAH MERAIH JUARA UMUM DALAM OSTARNAS IV DI YOGYAKARTA 13-15 NOVEMBER 2019.             |                         |             PROFICIAT KPD SMA TARAKANITA 2 JKT YG TELAH MERAIH JUARA 1 LOMBA FILM PENDEK, JUARA 1 LOMBA DESAIN POSTER TINGKAT KOTA JAKARTA UTARA (AGUSTUS 2019)             |            

Artikel :



Higher Order Thinking Skills


Rabu; 23 January 2019 [ROBERTUS DONNY A, SD RA. KARTINI SURABAYA] - Artikel Umum

Higher Order Thinking Skills merupakan salah satu kemampuan yang akhir-akhir ini menjadi pusat perhatian. Pada kurikulum 13 yang telah dilaksanakan serentak di seluruh sekolah di Surabaya, Higher Order Thinking Skills menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran dan penilaian. Untuk mewujudkan kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skills) maka perlu dibuat soal yang berkiblat pada pola piker HOTS.

Mengapa asesmen di Indonesia diarahkan ke model HOTS?

Asesmen diarahkan pada HOTS untuk menghasilkan output peserta didik yang mampu menjawab tantangan jaman. Pada abad 21 ini banyak kecakapan hidup yang diperlukan diantaranya peserta didik harus mempunyai kemampuan menghadapi lingkungan yang terus berubah, peserta didik harus memiliki kompetensi untuk mengatasi tantangan yang kian kompleks, memiliki keterampilan inti untuk kegiatan sehari-hari.

Untuk menghadapi lingkungan yang selalu berubah diharapkan peserta didik memiliki : iman dan ketakwaan, rasa ingin tahu yang besar, mampu berinovasi, gigih memperjuangkan sesuatu, mampu beradaptasi, kemampuan memimpin dan memiliki kesadaran social dan budaya.

Memiliki pengetahuan/kompetensi untuk mengatasi tantangan artinya yang kompleks artinya peserta didik mampu berpikir kritis dalam memecahkan masalah, kreatif, mampu berkomunikasi, mampu berkolaborasi.

Memiliki keterampilan inti untuk kegiatan sehari-hari, artinya peserta didik mampu melakukan kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan membaca, berhitung, literasi sains, literasi informasi, teknologi dan komunikasi, literasi keuangan, literasi budaya dan kewarganegaraan.

Semua keterampilan di atas harusnya diperoleh dan diperdalam di sekolah. Untuk mengetahui sejauh mana pencapaiaanya maka perlu asesmen yang sesuai. Maka dalam proses asesmen perlu soal yang mendorong peserta didik berpikir bukan hafalan.

Soal yang mememiliki higher order thinking skills ternyata tidak selalu soal yang sulit dan rumit. Soal bisa saja sederhana, tapi merangsang anak untuk berpikir dan mencari cara pemecahannya. Bukan soal yang jawabannya bersifat hafalan atau benar salah. Bentuk soalpun tidak harus uraian. Ternyata soal pilihan gandapun bisa juga memuat HOTS, asal pilihan jawabannya membuat peserta didik berpikir kritis. Secara mudah soal HOTS dikenali dengan mengukur perilaku peserta didik untuk menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi. Apabila soal yang dibuat mengukur 3 perilaku tersebut, maka apapun bentuk soalnya dapat dikategorikan soal dengan HOTS.









Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :