HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.230.154.129
Pengunjung : 542.680


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



Cegah Pilah Olah


Senin; 11 February 2019 [ROBERTUS DONNY A, SD RA. KARTINI SURABAYA] - Artikel Umum

Cegah Pilah Olah

Sampah merupakan benda yang sering terlihat di sekitar kita. Tidak disenangi, namun kita seringkali menghasilkan tanpa henti. Penghasilnyapun kadang enggan mengakui bahkan tidak peduli.Tentu saja mereka tidak mau  mengelolanya.

Tidak demikian dengan anak-anak SD R.A. Kartini. Sedari kecil mereka dilatih untuk bersikap bijak terhadap sampah. Ada 3 prinsip tentang sampah yang harus dipahami benar oleh anak anak, yaitu cegah pilah dan olah .

Cegah , merupakan usaha untuk mencegah timbulnya sampah. Anak-anak diwajibkan membawa tepak makanan. Semua makanan yang dibawa tidak dimasukkan dalam kemasan sekali pakai. Kantin juga tidak diperkenankan menjual makanan dalam kemasan sekali pakai. Meskipun tidak mudah melaksanakan, tapi melalui pembiasaan yang terus menerus diharapkan tumbuh kesadaran anak-anak untuk mencegah timbulnya sampah.

Pilah, merupakan usaha berikutnya bila sampah tidak bisa dihindari. Ada hal tertentu yang memaksa sampah tetap terbentuk. Obat, benda dari produsen sudah dikemas dalam plastik, minyak dan beberapa benda kebutuhan ada yang kemasannya plastik. Bila sampah sudah tidak bisa dihindari maka penyelesaiannya adalah dengan memilah sampah tersebut. Dalam proses pemilahan sampah dikelompokkan sesuai jenisnya. Sampah yang masih bisa diolah disendirikan sedang sampah yang tidak bisa diolah biduang ke tempat pembuangan untuk selanjutnya dibawa ke tempat pembuangan akhir.

Olah merupakan langkah terakhir dalam menangani sampah. Sampah yang dapat diolah tidak dibuang ke pembuangan akhir tapi diolah di sekolah. Anak-anak dilatih mengolah sampah sebelum sampah tersebut dibawa ke bank sampah. Bank sampah yang bekerjasama dengan SD Kartini adalah bank sampah induk Surabaya, milik pemerintah kota Surabaya. Bank sampah induk Surabaya tidak hanya menerima sampah yang disetorkan, tapi juga memberi penyuluhan tentang bahaya sampah dan cara pengelolaan sampah.

Harapan terbesar yang diletakkan di pundak anak-anak adalah di masa yang akan datang anak-anak benar benar mampu bersikap bijak dalam menggunakan barang dan memenuhi kebutuhan sehingga setiap kegiatan yang dilakukan tidak merugikanlingkungan. Salah satu caranya adalah dengan cegah , pilah dan olah sampah.







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :