HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.90.12.112
Pengunjung : 412.734


Newsflash :
PROFICIAT UTK SD TAR.5 JKT YG MEMPEROLEH PENGHARGAAN DARI MUSEUM REKOR DUNIA INDONESIA (MURI) PADA SABTU (12/1/2019) ATAS PRESTASI MEMBUAT KERTAS TERBANYAK DARI BAHAN KERTAS DAUR ULANG OLEH PELAJAR             |             SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG

Artikel :



Cegah Pilah Olah


Senin; 11 February 2019 [ROBERTUS DONNY A, SD RA. KARTINI SURABAYA] - Artikel Umum

Cegah Pilah Olah

Sampah merupakan benda yang sering terlihat di sekitar kita. Tidak disenangi, namun kita seringkali menghasilkan tanpa henti. Penghasilnyapun kadang enggan mengakui bahkan tidak peduli.Tentu saja mereka tidak mau  mengelolanya.

Tidak demikian dengan anak-anak SD R.A. Kartini. Sedari kecil mereka dilatih untuk bersikap bijak terhadap sampah. Ada 3 prinsip tentang sampah yang harus dipahami benar oleh anak anak, yaitu cegah pilah dan olah .

Cegah , merupakan usaha untuk mencegah timbulnya sampah. Anak-anak diwajibkan membawa tepak makanan. Semua makanan yang dibawa tidak dimasukkan dalam kemasan sekali pakai. Kantin juga tidak diperkenankan menjual makanan dalam kemasan sekali pakai. Meskipun tidak mudah melaksanakan, tapi melalui pembiasaan yang terus menerus diharapkan tumbuh kesadaran anak-anak untuk mencegah timbulnya sampah.

Pilah, merupakan usaha berikutnya bila sampah tidak bisa dihindari. Ada hal tertentu yang memaksa sampah tetap terbentuk. Obat, benda dari produsen sudah dikemas dalam plastik, minyak dan beberapa benda kebutuhan ada yang kemasannya plastik. Bila sampah sudah tidak bisa dihindari maka penyelesaiannya adalah dengan memilah sampah tersebut. Dalam proses pemilahan sampah dikelompokkan sesuai jenisnya. Sampah yang masih bisa diolah disendirikan sedang sampah yang tidak bisa diolah biduang ke tempat pembuangan untuk selanjutnya dibawa ke tempat pembuangan akhir.

Olah merupakan langkah terakhir dalam menangani sampah. Sampah yang dapat diolah tidak dibuang ke pembuangan akhir tapi diolah di sekolah. Anak-anak dilatih mengolah sampah sebelum sampah tersebut dibawa ke bank sampah. Bank sampah yang bekerjasama dengan SD Kartini adalah bank sampah induk Surabaya, milik pemerintah kota Surabaya. Bank sampah induk Surabaya tidak hanya menerima sampah yang disetorkan, tapi juga memberi penyuluhan tentang bahaya sampah dan cara pengelolaan sampah.

Harapan terbesar yang diletakkan di pundak anak-anak adalah di masa yang akan datang anak-anak benar benar mampu bersikap bijak dalam menggunakan barang dan memenuhi kebutuhan sehingga setiap kegiatan yang dilakukan tidak merugikanlingkungan. Salah satu caranya adalah dengan cegah , pilah dan olah sampah.







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :