HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.207.255.49
Pengunjung : 487.003


Newsflash :
PROFICIAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT ATAS TERSELENGGARANYA KONFERENSI NASIONAL GURU SMP, SMA, SMK PENGAMPU UJUAN NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI TDC 2 SURABAYA, 26-28 NOVEMBER 2019             |                         |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU, MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA.             |                         |             PROFICIAT KEPADA TARAKANITA WILAYAH TANGERANG YANG TELAH MERAIH JUARA UMUM DALAM OSTARNAS IV DI YOGYAKARTA 13-15 NOVEMBER 2019.             |                         |             PROFICIAT KPD SMA TARAKANITA 2 JKT YG TELAH MERAIH JUARA 1 LOMBA FILM PENDEK, JUARA 1 LOMBA DESAIN POSTER TINGKAT KOTA JAKARTA UTARA (AGUSTUS 2019)             |            

Artikel :



KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DI SEKOLAH DASAR


Selasa; 30 July 2019 [ROBERTUS DONNY A, SD RA. KARTINI SURABAYA] - Artikel Umum

KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DI SEKOLAH DASAR

Keterampilan mengelola kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan keterampilan untuk mengembalikan kondisi belajar yang kondusif. Seni mengoptimalkan peran sumber daya kelas dan terciptanya proses belajar yang efektif dan efesien

 

Bagi guru keterampilan mengelola kelas bermanfaat untuk

  1. Mengembangkan keterampilan dalam penyajian pembelajaran secara tepat dan baik
  2. Memiliki kesadaran terhadap kebutuhan siswa untuk mengembangkan kompetensi dengan memberikan pengarahan yang jelas
  3. Memberikan respon secara efektif terhadap tingkah laku siswa yang menimbulkan gangguan

Ada 2 jenis keterampilan dalam mengelola kelas yaitu :

  1. Keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal meliputi L Menunjukkan sikap tanggap,Membagi perhatian,Memusatkan perhatian, Memberikan petunjuk yang jelas, Menegur, Memberi Perhatian.
  1. Keterampilan yang berhubungan dengan pengembalian kondisi belajar yang optimal : Keterampilan ini berhubungan dengan tanggapan guru terhadap gangguan peserta didik dengan maksud guru dapat mengadakan tindakan remedial untuk mengembalikan belajar optimal.

Hal-hal yang harus dihindari guru dalam mengelola kelas adalah :

  1. Campur tangan yang berlebihan.
  • Seperti guru menyela kegiatan yang sedang asyik berlangsung dengan komentar atau petunjuk mendadak, maka kegiatan siswa akan terganggu atau terputus konsentrasinya.

B. Kelenyapan.

  • Terjadi jika guru gagal secara tepat melengkapi suatu instruksi penjelasan atau komentar. Kemudian menghentikan penjelasan atau sajian tanpa alasan yang jelas

C. Ketidak tepatan memulai dan menghakiri kegiatan.

  • Ini terjadi jika guru memulai aktivitas tanpa menghakiri aktivitas sebelumnya.

D. Penyimpangan.

  • Terjadi jika KBM guru terlalu asyik dengan kegiatan tertentu (sibuk dengan tempat duduk yang tidak rapi, cerita sesuatu yang tidak ada hubungan dengan materi pelajaran dll)

E. Bertele-tele.

  • Ini terjadi jika ada pembicaraan yang bersifat :
  1. Mengulang-ulangi hal-hal tertentu
  2. Memperpanjang pelajaran atau penjelasan
  3. Mengubah teguran menjadi ocehan yang panjang

Hal ini merupakan hambatan kemajuan pelajaran atau aktivitas siswa di kelas. Siswa umumnya mencatat sebagai hal yang membosankan

F. Pengulangan penjelasan yang tak perlu.

  • Guru memberi petunjuk yang berulang-ulang.
  • Berilah penjelasan secara singkat dan jelas.
Kesalahan profesional guru apabila tidak dapat mengatasi permasalahan peserta didik di dalam kelas, karena guru diberi kemampuan dengan berbagai macam strategi untuk mengatasi peserta didik yang menimbulkan gangguan.

 

Disarikan dari presentasi Ibu Maria Agustina pada HSG 13 Juli 2019







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :