HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 75.101.173.236
Pengunjung : 568.520


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DI SEKOLAH DASAR


Selasa; 30 July 2019 [ROBERTUS DONNY A, SD RA. KARTINI SURABAYA] - Artikel Umum

KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DI SEKOLAH DASAR

Keterampilan mengelola kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan keterampilan untuk mengembalikan kondisi belajar yang kondusif. Seni mengoptimalkan peran sumber daya kelas dan terciptanya proses belajar yang efektif dan efesien

 

Bagi guru keterampilan mengelola kelas bermanfaat untuk

  1. Mengembangkan keterampilan dalam penyajian pembelajaran secara tepat dan baik
  2. Memiliki kesadaran terhadap kebutuhan siswa untuk mengembangkan kompetensi dengan memberikan pengarahan yang jelas
  3. Memberikan respon secara efektif terhadap tingkah laku siswa yang menimbulkan gangguan

Ada 2 jenis keterampilan dalam mengelola kelas yaitu :

  1. Keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal meliputi L Menunjukkan sikap tanggap,Membagi perhatian,Memusatkan perhatian, Memberikan petunjuk yang jelas, Menegur, Memberi Perhatian.
  1. Keterampilan yang berhubungan dengan pengembalian kondisi belajar yang optimal : Keterampilan ini berhubungan dengan tanggapan guru terhadap gangguan peserta didik dengan maksud guru dapat mengadakan tindakan remedial untuk mengembalikan belajar optimal.

Hal-hal yang harus dihindari guru dalam mengelola kelas adalah :

  1. Campur tangan yang berlebihan.
  • Seperti guru menyela kegiatan yang sedang asyik berlangsung dengan komentar atau petunjuk mendadak, maka kegiatan siswa akan terganggu atau terputus konsentrasinya.

B. Kelenyapan.

  • Terjadi jika guru gagal secara tepat melengkapi suatu instruksi penjelasan atau komentar. Kemudian menghentikan penjelasan atau sajian tanpa alasan yang jelas

C. Ketidak tepatan memulai dan menghakiri kegiatan.

  • Ini terjadi jika guru memulai aktivitas tanpa menghakiri aktivitas sebelumnya.

D. Penyimpangan.

  • Terjadi jika KBM guru terlalu asyik dengan kegiatan tertentu (sibuk dengan tempat duduk yang tidak rapi, cerita sesuatu yang tidak ada hubungan dengan materi pelajaran dll)

E. Bertele-tele.

  • Ini terjadi jika ada pembicaraan yang bersifat :
  1. Mengulang-ulangi hal-hal tertentu
  2. Memperpanjang pelajaran atau penjelasan
  3. Mengubah teguran menjadi ocehan yang panjang

Hal ini merupakan hambatan kemajuan pelajaran atau aktivitas siswa di kelas. Siswa umumnya mencatat sebagai hal yang membosankan

F. Pengulangan penjelasan yang tak perlu.

  • Guru memberi petunjuk yang berulang-ulang.
  • Berilah penjelasan secara singkat dan jelas.
Kesalahan profesional guru apabila tidak dapat mengatasi permasalahan peserta didik di dalam kelas, karena guru diberi kemampuan dengan berbagai macam strategi untuk mengatasi peserta didik yang menimbulkan gangguan.

 

Disarikan dari presentasi Ibu Maria Agustina pada HSG 13 Juli 2019







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :