HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.221.75.115
Pengunjung : 303.917






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017

Sejarah SD R.A. Kartini
Jalan Jagir Sidomukti Lebar 21 Surabaya
Telp. (031) 8494869

 

            Dengan adanya pemberontakan G 30 S PKI pada tahun 1965, memberi dampak  khususnya terhadap warga kampung Jagir Sidomukti  dan keadaanya  memprihatinkan. Dengan peristiwa ini para penduduk kampung Jagir Sidomukti kebingungan untuk menyekolahkan anak-anaknya.

                Atas inisiatif seorang warga Katolik bersama TS. Darmin ( Alm ), pada bulan Oktober 1966 berhasil didirikan sebuah lembaga pendidikan kampung yang dinamakan TK R.A. Kartini, sekaligus membuka dan menerima kelas I SD RA. Kartini.

                Letak lembaga pendidikan TK – SD R.A Kartini di kampung Jagir Sidomukti  V. sebagai Kepala sekolah  pertama Ibu MC. Juwati. dan gurunya Ibu Maria Sutjiatmi. Proses belajar – mengajar sangat memprihatinkan , karena keadaan bangunan sangat kecil dan sederhana.Anak-anak be;ajar di atas tikar.

                Berkat  perjuangan Ketua Rukun Kampung Jagir Sidomukti yaitu Ibu Dwi Soetikno, akhirnya sekolah mendapat  dua gedung bekas staal susu milik pengusaha susu, Mr Nyoo Suilip, yang tanahnya masih status kontrak kepada Pemkot surabaya  dan hampir habis masa kontraknya. 

Pada tahun 1967 TK-SD RA. Kartini yang di gang V dipindah ke lokasi bangunan staal susu yang baru di bebaskan, yaitu yang berada di Jagir Sidomukti Gang Lebar no. 21 seperti sekarang. Bapak T. S Darmin selaku pendiri, membentuk panitia  pembangunan yang bertugas untuk membuat meja dan bangku  dengan kayu seadanya untuk tempat proses belajar- mengajar. Sedangkan bangunan tersebut dipetak-petak dengan dinding bambu guling.

                Dari hari  ke hari murid TK dan SD RA.Kartini terus berkembang menjadi banyak dan biaya operasional pun semakin besar. Pendiri dan para orang tua semakin kewalahan. Dari hasil musyawarah panitia dan  orang tua murid, akhirnya disepakati TK-SD RA.Kartini pengelolaannya diserahkan kepada Misi tepatnya pada bulan Agustus 1967,yang diterima oleh Romo Paroki Yohanes Pemandi, RM. Louis Pandu yang akrab dipanggil Rm. Te.

                Sejak itu TK – SD R.A. Kartini menjadi tanggung jawab Paroki St.Yohanes Pemandi dengan kepala sekolah Ibu MC. Juwati sedangkan gurunya Ibu Maria Suciatmi dan Ibu Prisca Kartinah.Karena kepala sekolah sakit maka ia digantikan oleh Ibu Maria Sutjiatmi.

                Pada Tahun 1968 Romo Louis Pandu CM. diganti oleh Rm. Tondo Widjojo CM.Dan pada saat pergantian itu dibentuklah Yayasan Yohanes Pemandi.

                Pada awal Februari 1969, Bapak Thomas Buhantoro datang di Surabaya dan  mulai mengajar sebagai guru bantu.

                Sampai tahun 1969 dan 1970 awal , proses belajar – mengajar masih sangat memprihatinkan, meja dan tempat duduk sangat kasar karena dibuat dari jati Belanda bekas peti kemas. Sedangkan atap yang bekas kandang sapi itu bila hujan sedikit saja buku – buku harus segera ditutup karena terkena air.

Pada awal Januari 1970 rapat pleno antara Yayasan dan guru di rumah Bapak Rabaun, suami Ibu Prisca diputuskan:

1.        Per-Januari 1970 secara definitif Thomas Buhantoro diangkat sebagai kepala sekolah SD RA Kartini.

2.        1 Januari 1970 secara definitif Maria Sutjiatmi menjadi kepala TK RA.Kartini.

                Pada tahun 1971 para suster Carolus Bororomeus datang dari Yogyakarta untuk mengelola TK dan SD. R. A. Kartini. Pada tahun yang sama, 1971, Romo Tondo Widjojo, CM pindah dan digantikan oleh Rm. J. Heijne SVD. Dan pada masa Rm. J. Heijne ini pembangunan gedung sekolah mulai dicarikan sumbangan. Dana atau sumbangan tersebut datang dari Pemkot Surabaya, Dinas P dan K , SMA ST. Agnes dan karya Dram ( LK). Maka bangunan yang semula berdinding bambu guling bisa berdinding tembok keliling dan saat itu jumlah guru dan karyawan sudah 11 orang.

                Menjelang akhir tahun 1971 siswa kelas VI yang berjumlah 13 orang ikut serta ujian negara dan yang lulus 12 orang (92%)

Bersamaan dengan hasil lulusan SD. Kartini yang pertama tahun 1971, maka awal tahun 1972 dibuka SMPK. RA. Kartini dengan jumlah murid pertama 13 orang.

Pada awal bulan Maret 1973, suster – suster CB dari Jogyakarta mengelola TK dan SD RA.Kartini secara mandiri.

Pada waktu itu para suster  CB berdomisili di JL. Bendul Merisi No 11 dan sebagai overste : Sr. Bernadetta, CB dengan anggota Sr. Marcella, CB, Sr. Yustin CB. Saat itu Sr. Marcella, CB bertugas di TK, SD,dan SMP RA.Kartini. Dan pada akhir 1973 Sr. Rufina, CB datang juga bertugas di TK , SD , SMP RA.Kartini.  

Pada akhir tahun 1974, karena tempat sangat tidak memungkinkan untuk pelaksaan proses belajar- mengajar 3 jenjang yaitu TK, SD dan SMP, maka dengan terpaksa tahun pelajaran 1975 SMP dihentikan dan sisa murid kelas III dan kelas II disalurkan ke SMP terdekat.

Pada tahun 1976 TK.RA.Kartini dipindah ke Jagir Sidomukti Gang VII sampai sekarang, sedangkan SD. R.A. Kartini tetap berada di Jagir Sidomukti no. 21 sampai sekarang.

Dengan kehadiran para suster CB , renovasi fisik bangunan sekolah dan fasilitas pendidikan terus ditingkatkan demi ketenangan dan kenyaman proses belajar- mengajar.

Pada tahun 1981 secara resmi TK dan SD RA. Kartini diterima masuk Yayasan Pendidikan Carolus Borromeus yang saat itu berpusat di Yogyakarta.

Pada tahun 1983 Yayasan mengembangkan gedung SD  RAKartini menjadi berlantai dua.

                Setelah gedung selesai dibangun kemudian diresmikan oleh kepala Kandep Dikbud kecamatan Wonokromo yaitu Bapak Soekotjo dan disaksikan oleh  ketua dan pengurus yayasan pusat,ketua yayasan cabang Surabaya, wakil dari Camat Wonokromo,ketua DPRD Kodya Surabaya,, Staf kelurahan Jagir, dan ketua RT, RW serta pinisepuh kampung Jagir Sidomukti.         Dengan gedung yang baru ini diharapkan para siswa dan guru dapat bekerja dan belajar dengan semangat yang baru serta menghasilkan buah yang baik.

                Dalam bidang akademik, lulusan SD. R. A Kartini sejak lulusan I akhir 1971 sampai dengan lulusan 1995 / 1996 selalu menduduki rengking, baik di tingkat kecamatan atau ditingkat kodya

                Pada tahun 1995 SD RA.Kartini diakreditasi oleh pihak yang berwenang dan mendapatkan hasil ” Disamakan”.

                Pada tahun 1996 Bapak Thomas Buhantoro selaku kepala sekolah SD RA.Kartini dimutasi ke SMPK St.Yosef dan Ibu C.Andaryanti menggantikan memimpin SD RA.Kartini sampai 30 Juni 2003.

                Selanjutnya sejak 1 Juli 2003 SD RA.Kartini dipimpin oleh Bapak YB.Darurasa, S.Pd sampai dengan 30 Desember 2008, karena beliau pada tgl. 31 Desember 2008 dipanggil Bapa di Surga.

                 Tanggal 1 Pebruari 2009 SD R.A Kartini dipimpin oleh Bpk F.X Eko Suroyo, S.Pd. Terhitung 1 Juli 2011 Bpk F.X Eko Suroyo menjabat sebagai Kepala SD Santo Yosef dan sebagai Kepala SD RA Kartini Bpk Yohanes Joko Winarto, S.Pd, yang sebelumnya menjabat Wakasek di SD Santo Yosef.

                    Terhitung mulai tanggal 1 Juli 2017 Bpk Yohanes Joko Winarto, S.Pd. dimutasi ke SD Santo Yosef sebagai kepala sekolah. Pengganti beliau adalah Ibu RRC. Retno Dewi Tri Hardjanti,S.Pd. yang semula menjabat sebagai wakil kepala sekolah di SD Santo Yosef Surabaya